Home | BisnisKita | Pengertian Klaim Asuransi, Pahami 5 Hal Ini Agar Berjalan Baik
Pengertian Klaim Asuransi

Pengertian Klaim Asuransi, Pahami 5 Hal Ini Agar Berjalan Baik

Pengertian Klaim Asuransi, Pahami 5 Hal Ini Agar Berjalan Baik – Ikut asuransi memang bikin lebih tenang. Berbagai risiko sesuai kesepakatan sudah terjamin. Agar persiapan Anda semakin mudah, maka pahami pengertian klaim asuransi dengan berbagai persoalannya.

Pengertian klaim Asuransi adalah permintaan resmi nasabah kepada perusahaan asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian asuransi yang tertera pada polis asuransi. Klaim Asuransi kemudian ditinjau oleh perusahaan untuk validiasi. Proses ini cukup memakan waktu di rentang 1 minggu hingga 3 minggu atau lebih cepat, sesuai dengan rasionalitas klaim tertanggung dan validitas dokumen klaim.

Nasabah Asuransi Dilindungi Undang-Undang

Pada dasarnya tidak perlu takut klaim asuransi ditolak. Sebab itu hak bagi yang sudah bayar premi asuransi secara rutin. Pihak jasa asuransi juga sungguh-sungguh melayani nasabah karena terkait integritas, kepercayaan dan bisnis. Terlebih konsumen dilindungi oleh undang-undang, dimana penolakan klaim yang dibuat-buat dan tidak masuk akal atau dipersulit bisa berujung pidana pada direksi isndutri asuransi.

Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia, Aset tertinggi, dan yang Mengalami Kerugian. Catat!

Kita bisa belajar dari kasus Eks Direktur Utama PT Asuransi “A” Joachim Wessling dan Manager Claim Yuliana Firmansyah.Kasus yang ditangani oleh Polda Metro Jaya menetapkan mereka menjadi tersangka (september 2017) dengan tuduhan mempersulit proses pencairan klaim. Keduanya dijerat dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Pada Dasarnya Perusahaan Asuransi Sungguh-Sungguh Menangani Klaim

Kesungguhan itu seperti yang dilakukan oleh perusahaan asuransi swasta terbesar semacam PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia. Sepanjang tahun 2016 Prudential melaporkan telah membayar klaim dan manfaat sebesar hampir Rp 10 triliun. Kalim asuransi pada perusahaan juga cukup tinggi, rata-rata ada satu klaim setiap delapan detik.

Lalu, bagaimana kaitannya dengan beberapa pihak yang ditolak premi asuransinya oleh Prudential atau perusahaan asuransi lain? Itulah sebabnya wajib bagi kita memahami bagaimana proses asuransi dan penyampaian data secara jujur agar klaim asuransi berjalan mulus. Berikut tips agar klaim asuransi berjalan mulus tanpa penolakan.

Tips Agar Klaim Asuransi Berjalan Mulus

5 Tips Agar Klaim Asuransi Berjalan Mulus

1. Pastikan Polis Aktif

Pastikan polis aktif. Untuk itu jadwalkan secara rutin dan tepat waktu membayar premi asuransi tanpa keterlambatan. Jangan sampai polis pada posisi tidak aktif (lapse). Atau setidaknya jangan melewati batas masa tenggang pembayaran. Biasanya berkisar 45 hari. Karena itu tanyakan pada saat Anda mengajukan asuransi.

2. Pastikan Risiko Tertanggung Sebagaimana Tertulis di Polis

Jangan malas membaca secara detail polis Anda. Disitu tertulis terkait risiko-risiko apa saja yang bisa diklaim dan tidak. Tanyakan pada pihak perusahaan saat Anda merasa tidak jelas.

Misalnya, jika polis asuransi kesehatan mengecualikan risiko kehamilan. Maka segala sesuatu kejadian dari akibat proses terkait kehamilan tidak menjadi tanggungjawab perusahaan asuransi.

Asuransi Menurut Islam Halal atau Haram? Berikut Penjelasannya

Contoh klaim yang ditolak lainnya seperti ketentuan dalam polis tidak menanggung penyakit yang sudah ada sebelum polis dibeli. Karena itu tanyakan dengan lengkap agar klaim Anda sesuai dengan ketentuan tertera pada polis.

3. Kejujuran

Kejuruan menjadi prinsip dasar informasi yang disimpan perusahaan. Ungkapkan dengan jujur seluruh informasi, seperti riwayat hidup dan penyakitnya. Jangan kaget jika ketahuan menyembunyikan penyakit saat mengikuti asuransi tiba-tiba klaim ditolak di kemudian hari.

Karena itu, disarankan Anda mengenali tubuh Anda. Lakukan pemeriksaan setidaknya general check up untuk memahami kondisi kesehatan tubuh, sehingga dapat memilih secara tepat asuransi jiwa yang dibutuhkan.

Kejujuran juga dibutuhkan saat mengisi formulir pengajuan klaim. Kesalahan dan ketidak jujuran dapat berakibat ditolaknya klaim asuransi. Sebab perusaan asuransi sangat hati-hati, khususnya pada aspek moral.

4. Perhatikan Waktu Klaim dan Dokumen

Mengapa klaim asuransi ditolak? Biasanya karena melebihi batas waktu klaim. Contoh: asuransi kehilangan mobil harus dengan rentang waktu 3×24 jam. Asuransi jiwa biasanya rentang waktu klaim 30-60 hari.

Siapkan juga dokumen sesuai persayaratan yang dibutuhkan. Selain copy dokumen, siapkan juga dokumen asli sebagai persiapan jika ada permintaan untuk ditunjukkan yang asli.

Daftar Asuransi Perusahaan Bisnis untuk Risiko Buruk Usaha

Jangan lupa menulis dengan jujur formulir klaim asuransi. Kejujuran berpengaruh pada kemudahan mendapatkan klaim. Sebab perusahaan juga sangat hati-hati melakukan validitasi atas berkas pengajuan klaim. Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa perusahaan asuransi rentan terjadi fraud, terutama dari aspek moral hazard.

5. Periode Masa Tunggu

Periode masa tunggu juga harus dipahami. Secara umum perusahaan asuransi memberikan masa tunggu antara 30 hari hingga 365 hari. Sebelum habis masa tunggu tersebut sudah pasti klaim asuransi Anda ditolak.

Masih banyak sebetulnya yang harus Anda pelajari terkait klaim asuransi. Meskipun singkat, semoga artikel Pengertian Klaim Asuransi, Pahami 5 Hal Ini Agar Berjalan Baik ini tetap memberikan manfaat untuk Anda. Teriring doa, semoga Anda sekeluarga sehat selalu.

Nilai Postingan ini sobat...

Artikel Pengertian Klaim Asuransi, Apakah memuaskan? - 93%

93%

Rating

Nilai anda untuk Pengertian Klaim Asuransi, Pahami 5 Hal Ini Agar Berjalan Baik - Ikut asuransi memang bikin lebih tenang. Berbagai risiko sesuai kesepakatan sudah terjamin.

User Rating: 0 ( 18978765 votes)

About Alfa Putra Kusuma Jati

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang terus berusaha menulis dan berkarya agar karya-karya saya pantas disandingkan dengan karya-karya MASTAH di luar sana... Lewat artikel-artikel saya, saya harap banyak orang terbantu dan semoga artikel ini dapat terus bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

Check Also

Cara Mudah Mengatasi Kegagalan Usaha

Cara Mudah Mengatasi Kegagalan Usaha Kecil Menengah “UKM”

Mengatasi Kegagalan Usaha Kecil Menengah “UKM” – Kegagalan dalam bisnis merupakan hal yang wajar terjadi. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *