Home > KomNet > Cara Menggunakan FTP Server Di FileZilla + FTP Client
Menggunakan FTP Server Di Filezilla
Menggunakan FTP Server Di Filezilla

Cara Menggunakan FTP Server Di FileZilla + FTP Client

Cara menggunakan FTP server di FileZilla | FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antar jaringan. FTP biasanya digunakan untuk mengunggah File atau Berkas kedalam Server dalam jumlah banyak, FTP terdapat dua jenis yaitu FTP Client dan FTP Server.
CaraKerjaFTP
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://nameserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut. Untuk mempermudah mengakses FTP dan menggunakannya, anda memerlukan Aplikasi FTP untuk mengaksesnya contoh Aplikasi FTP adalah FileZilla. FileZilla merupakan Aplikasi FTP untuk Windows, dengan FileZilla anda bisa mengakses FTP Server anda dengan mudah, anda dapat mendownload FileZilla disini.
Pembahasan kita kali ini adalah Cara menggunakan FTP server di FileZilla, setelah anda melihat Informasi diatas berarti anda sudah mengerti mengenai FTP. Cara menggunakan FTP server di FileZilla dapat anda lihat dibawah ini

 Cara Menggunakan FTP Server Di FileZilla

1. Pertama buka Aplikasi FileZilla.
2. Lalu pilih menu File -> Site Manager.
Use FileZilla - FTP1
Use FileZilla - FTP2
3. Tekan tombol New Site pada jendela Site Manager.
4. Anda akan disuruh untuk mengetikan Nama Website anda dikolom sebelah kiri, tulis saja nama Website anda contoh Norf Computer.
Use FileZilla - FTP3
5. Pada Box sebelah kanan, silahkan isi sesuai Informasi dibawah ini :
– Host : Isikan dengan nama Host atau nama domain, contoh domain.com
– Port : Isi dengan 21
– Logontype : Normal
– Username : Isi dengan Username akun FTP anda, pada umunya Username FTP sama dengan Username cpanel atau Control Panel.
– Password : Isi dengan Password akun FTP anda, pada umunya Password FTP sama dengan Password cpanel atau Control Panel.
Use FileZilla - FTP4
6. Setelah itu, tekan Tab Transfer Settings pada jendela Site Manager. Pada Transfer Mode, pilih Passive. Lalu tandai pada limit number of simultaneous connections , dengan setting maximum number connections di rekomendasikan 5 atau kurang, dengan alasan jika tidak di batasi limitnya, atau batasnya terlalu besar, dapat menyebabkan koneksinya terblokir oleh firewall di server karena dianggap aktivitas flooding (membanjiri server dengan koneksi).
Use FileZilla - FTP5
7. Jika sudah semua terisi Informasi Server atau FTP anda, tekan tombol OK dan Connect pada jendela Site Manager
8. Kalau anda sudah terhubung dengan Server anda via FTP, anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini :
Use FileZilla - FTP6

Keterangan Cara Menggunakan FTP Server Di FileZilla:

Kolom di sebelah kiri adalah direktori file yang terdapat pada komputer anda, sedangkan di sebelah kanan adalah direktori pada server hosting website anda.
Untuk melakukan proses upload File kedalam website anda, anda tinggal mencari file pada komputer anda yang ingin diupload, lalu pindahkan dengan men-drag/ menggeser file tersebut ke kolom sebelah kanan ke direktori dan folder yang sesuai atau yang anda inginkan atau bisa juga di Double klik dan begitupun sebaliknya untuk proses download File atau klik kanan pilih Upload/ Download.
Untuk Menghapus File, anda hanya tinggal mengklik File yang bersangkutan lalu tekan tombol delete pada keyboard anda atau klik kanan pada File pilih Delete, atau rename untuk merubah nama File. Agar bisa diakses oleh pengunjung pastikan file yang anda upload berada pada folder public_html.
9. Semoga Berhasil
Ingat juga penggunaan FTP setiap hari seperti Mengunggah atau Mendownload File dari Host atau Server anda dapat menguras banyak Bandwidth, karena FTP membutuhkan Bandwidth supaya Koneksi Download di Client dapat diakses dengan cepat via Jalur berkecepatan tinggi yaitu Bandwidth. Jadi saya sarankan untuk menggunakan FTP seperlunya saja untuk mengurangi penggunaan Bandwidth.
Itulah Cara menggunakan FTP server di FileZilla, jika ada pertanyaan atau masalah mengenai Post saya di atas silahkan Komentar atau Hubungi kami di Contact us. Jangan lupa untuk Follow Twitter blog saya atau Like us Facebook untuk mendapatkan Posts blog ini yang terbaru dan juga Konsultasi Pertanyaan dengan cepat. Salam.

About netpus

Check Also

Cara Baru Downoad Video Dari Youtube Paling Mudah

Cara Download Video Dan MP3 Dari Youtube Paling Mudah

Cara Baru Download Video Dari Youtube Mudah tanpa software tanpa ribet tanpa lama. YA, kali …

One comment

  1. Terima Kasih atas informasinya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *