Home > KomNet > Cara Mengatasi MacBook Pro Lemot Terbukti BERHASIL!
Cara Mengatasi MacBook Pro Lemot Terbuki Ampuh
Cara Mengatasi MacBook Pro Lemot Terbuki Ampuh

Cara Mengatasi MacBook Pro Lemot Terbukti BERHASIL!

Mengatasi MacBook Pro Lemot – Meski sangat jarang dialami oleh pengguna laptop Apple. Tapi sebagai referensi bacaan, Anda tetap perlu mengetahui. Sehingga jika sewaktu-waktu masalah ini terjadi pada MacBook Pro yang Anda miliki, Anda tidak panik lagi. Karena, Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatasi kinerja MacBook pro yang bermasalah mendadak lemot atau melambat.

Kinerja laptop Apple MacBook Pro yang lemot tentu akan berdampak pada pengalaman pemakaian. Akibat masalah ini, beberapa pekerjaan yang harusnya dikerjakan dan selesai sesuai jadwal jadi tertunda.

Baca juga : AWAS!!! Ini Bahaya Memakai Laptop Di Atas Kasur

Tidak hanya itu, masalah tersebut juga tak jarang membuat MacBook Pro tidak dapat berfungsi secara normal atau sering hang. Bahkan resiko yang paling tidak diinginkan adalah, Anda harus menunggu waktu yang lama karena MacBook Pro tidak mau booting.

 

Penyebab Apple MacBook Pro lambat sering terjadi karena beberapa faktor. Pertama MacBook Pro lambat karena terjadinya kerusakan hardware atau Sistem Operasi bermasalah. Kedua, bukan karena faktor hardware, melainkan karena hardisk MacBook Pro Penuh, item start up, software yang out of date dan lainnya.

Agar dapat mengatasi MacBook Pro lemot karena kerusakan hardware atau sistem operasi yang bermasalah. Anda cukup melakukan servis ke pusat servis resmi laptop Apple atau melakukan install ulang MacBook Pro yang Anda miliki.

Lantas bagaimana menangani MacBook Pro lambat bukan karena faktor hardware? Caranya cukup mudah, Anda dapat melakukan perbaikan kinerja MacBook secara manual. Jika Anda melakukannya dengan tepat, maka kinerja Apple MacBook Pro Anda akan kembali normal dan tidak lemot lagi. Berikut tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi MacBook Pro lemot :

Mengatasi Auto Start MacBook Pro yang Lemot

Auto Start pada MacBook Pro, adalah fitur yang berfungsi memungkinkan sebuah aplikasi menyala secara otomatis, saat setelah MacBook Pro melakukan booting. Fitur ini cukup fungsional untuk kondisi tertentu. Namun jika terlalu banyak aplikasi yang menyala otomatis pada Auto Start. Maka proses booting MacBook Pro akan memakan waktu lebih lama dan terasa lemot.

Agar mempercepat booting MacBook Pro maka sangat disarankan agar Anda menjalankan aplikasi prioritas saja pada fitur Auto Start. Sebaliknya lakukan penghentian pada beberapa aplikasi yang tidak diprioritaskan. Berikut cara mengatasinya :

  • Langkah Pertama, silahkan masuk ke System Preferences, lalu klik User & Group.
  • Langkah Kedua, pilih login items untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menyala otomatis di Auto Start.
  • Langkah Ketiga, pilih aplikasi yang tidak diprioritaskan lalu hentikan Auto Start aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol “minus” (-).

Mengatasi Masalah Permission Disk MacBook Pro Agar Tidak Lemot

Kinerja laptop Apple MacBook Pro juga dapat terganggu akibat permasalahan Permission Disk. Permasalahan ini muncul disebabkan karena anda melakukan force turn off, force quit application, atau mengganti privilages (hak atas suatu folder atau file).

Akibat dari permasalahan ini maka software-software pada MacBook Pro kemungkinan besar tidak dapat berjalan normal bagaimana semestinya atau sering crash. Permasalahan ini banyak ditemui oleh pengguna MacBook Pro dengan OS X Yosemite.

Berikut langkah-langkah mengetasi Permission Disk di MacBook Pro OS X Yosemite agar tidak lemot :

  • Pertama, silahkan buka Disk Utility, yang ada di folder Utilities di dalam folder Applications.
  • Kedua, pilih Startup Disk MacBook Pro lalu klik tab First Aid.
  • Ketiga, selanjutnya atasi masalah tersebut dengan cara klik Repair Disk Permission.

Penting untuk diketahui waktu yang dibutuhkan untuk menangani masalah Permission Disk MacBook Pro tergantung dari besar disk dan banyaknya file dan folder yang ada pada MacBook Pro Anda.

Mempercepat MacBook Pro Lemot dengan Force Quit Application

Force Quit Application adalah fitur yang fungsinya mirip dengan Taks Manager di Windows. Fitur Force Quit Application dapat dilakukan dalam situasi atau kondisi tertentu. Misalnya saat sebuah aplikasi MacBook Pro Anda hang atau mengalami Background Process yang tidak normal.

Eksekusi Aplikasi yang tidak berjalan lancar atau aplikasi mengalami hang atau crash, dapat tiba-tiba saja membuat kinerja MacBook Pro Anda terganggu. Meski permasalahan ini jerang muncul tapi tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalaminya. Jika itu terjadi, maka Anda dapat melakukan Force Quit pada aplikasi tersebut agar dapat mempercepat kembali MacBook Pro yang lemot karena hang atau crash.

Cara menampilkan jendela pop up Force Quit Application pada MacBook Pro cukup mudah.

  • Langkah kesatu : Silahkan tekan Command+Option+Escape.
  • Langkah kedua : Pilih atau klik aplikasi yang mengalami hang atau crash.
  • Langkah ketiga : Klik “Force Quit” untuk menormalkan kembali kinerja MacBook Pro yang hang.

Memperbaiki MacBook Pro Lemot dengan Cara Upgrade RAM

Hampir sama dengan fungsi RAM pada laptop merek lainnya. RAM MacBook Pro juga berfungsi sebagai penyimpan data yang aktif digunakan. RAM pada MacBook Pro juga dapat ditingkatkan. Caranya adalah dengan melakukan upgrade kapasitas RAM.

MacBook Pro memang disajikan untuk pengguna kelas berat, seperti desainer, audio dan musik enginer, juga fotografer. Pengguna tersebut terbiasa menggunakan software berat sebagai penunjang aktifitas mereka.

MacBook Pro dengan RAM standar sebenarnya sudah cukup mumpuni. Tapi tidak menutup kemungkinan Anda untuk melakukan Upgrade untuk performa yang lebih kencang dan responsif. Karena, semakin tinggi RAM MacBook Pro, maka semakin banyak program atau software berat yang bisa Anda jalankan secara bersama-sama dengan cepat.

Sangat disarankan bagi Anda yang awam untuk meminta bantuan teknisi resmi Apple ketika akan melakukan upgrade RAM MacBook Pro Anda. Hal ini dapat mencegah terjadinya kesalahan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada MacBook Pro Anda. Melakukan upgrade RAM dengan cara meminta bantuan teknisi juga dapat membuat proses upgrade RAM Macbook Pro jauh lebih cepat dan mudah.

Tapi jika Anda memiliki pengalaman bongkar pasang laptop sebelumnya tidak ada salahnya jika Anda melakukan upgrade RAM MacBook Pro secara manual sendiri. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan mempercepat proses upgrade RAM secara manual berikut panduan yang perlu Anda baca terlebih dahulu :

Pahami Petunjuk Pembelian RAM MacBook Pro yang Benar

Petunjuk ini berlaku mutlak baik Anda melakukan pembelian RAM baru atau second untuk MacBook Pro Anda.

Apple MacBook Pro adalah salah satu laptop yang menggunakan slot RAM SODIMM. Jadi RAM yang sesuai untuk ditempatkan pada slot tersebut adalah RAM berukuran pendek.

Sementara untuk merek RAM, MacBook Pro dipastikan support dengan berbagai macam merek RAM yang ada dipasaran saat ini.

Ketahui lebih dulu model atau tahun MacBook Pro yang Anda miliki saat ini. Untuk model MacBook Pro yang diproduksi tahun 2007 hingga 2009, kapasitas RAM maksimalnya 4 GB. Sementara untuk model terbaru 2010 ke atas dapat di upgrade hingga 16 GB.

Selain tetap mempertimbangkan merek demi membuat MacBook Pro benar-benar kencang. Sebaiknya pilih jenis RAM terbaru DDR3 atau DDR 4. Karena, clock speed jenis RAM tersebut biasanya lebih tinggi dari jenis RAM lainnya.

4 Tahap Upgrade Ram MacBook Pro

Tahap 1 Persiapan

Mengatasi MacBook Pro Lemot

Anda perlu melakukan persiapan sebelum akhirnya benar-benar melakukan Upgrade RAM MacBook Pro.

Dalam tahap ini Anda perlu mempersiapkan peralatan berupa sebuah obeng kembang untuk membuka baut. Dan sebuah lap lembab untuk membersihkan debu yang menempel pada hardware di body bagian dalam.

Tahap 2 Pembongkaran Cover

Mengatasi MacBook Pro Lemot

Laptop Apple MacBook Pro dirancang dengan desain unibody dimana seluruh hardware tercover jadi satu tidak terpisah.

Lakukan pembongkaran cover belakang MacBook Pro menggunakan obeng kembang yang sudah disiapkan. Lepas semua baut pada cover yang berjumlah 10 baut.

Tahap 3 Memulai Proses Upgrade RAM

Mengatasi MacBook Pro Lemot

RAM MacBook Pro diapit oleh dua pengunci yang di kedua sisi sampingnya. Copot pengunci RAM dengan cara menekan keluar panahan RAM pada masing-masing sisi.

Pasang atau masukan kepingan RAM baru untuk memulai proses upgrade. Lalu kunci kembali RAM dengan cara menekan panahan RAM yang berada di kedua sisi RAM.

Mengatasi MacBook Pro Lemot

Tahap 4 Upgrade Selesai

Untuk melakukan tes apakah proses upgrade sudah berhasil dilakukan dengan benar, Anda bisa menghidupkan MacBook Pro Anda terlebih dahulu tanpa cover.

Setelah upgrade benar-benar berhasil dan MacBook Pro berjalan dengan normal. Maka tutup kembali bagian belakang MacBook Pro dengan cover dan pasang kembali semua baut pada cover MacBook Pro.

Baca juga : Ini! Bahaya Baterai Laptop Yang Terus Di-charge Saat Digunakan Mahasiswa Wajib Tahu

Penutup

Agar dapat mengatasi MacBook Pro lemot dengan mudah. Setiap pengguna laptop Apple populer ini sebaiknya terlebih dahulu mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab melambatnya kinerja MacBook Pro. Selalu gunakan MacBook Pro Anda sesuai dengan buku petunjuk. Lakukan perawatan MacBook Pro secara berkala. Salam.

Sumber dan Referensi Bacaan : MakeMac & Tekno.Kompas

About netpus

Check Also

Cara Baru Downoad Video Dari Youtube Paling Mudah

Cara Download Video Dan MP3 Dari Youtube Paling Mudah

Cara Baru Download Video Dari Youtube Mudah tanpa software tanpa ribet tanpa lama. YA, kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *