Home > BisnisKita > Cara Mudah Mengatasi Kegagalan Usaha Kecil Menengah “UKM”
Cara Mudah Mengatasi Kegagalan Usaha
Cara Mudah Mengatasi Kegagalan Usaha

Cara Mudah Mengatasi Kegagalan Usaha Kecil Menengah “UKM”

Mengatasi Kegagalan Usaha Kecil Menengah “UKM” – Kegagalan dalam bisnis merupakan hal yang wajar terjadi. Namun bukan berarti karena sekali gagal kita tidak mau berusaha untuk bangkit mengejar keberhasilan kembali. Kita perlu mengatasi kegagalan usaha tersebut agar tidak hanya rugi yang didapat, tapi keuntunganlah yang didapat.

Salah satu jenis usaha yang sering mengalami kegagalan dan kebangkrutan adalah usaha kecil menengah. Berbeda dengan mereka usaha besar, karena walau masih start up dan belum ada keuntungan sama sekali, dana dari berbagai pihak terus menerus mengucur. Tapi kalau usaha kecil menengah, jika uang modal tidak ada otomatis bangkrut. Ini perlu diwaspadai.

Usaha kecil menengah itu justru sangat rawan terhadap kebangkrutan. Persaingan justru semakin membutuhkan banyak perhatian dalam menjalankan usahanya. Kalau pengusaha besar kan bisa mengatasi persaingan dengan cara berinovasi lebih tinggi dengan menyewa orang profesional. Tak hanya itu, mereka juga mempromosikan gencar gencar agar semakin kuat dalam bersaing. Tapi kalau usaha kecil modal untuk jalan usaha aja masih keteteran apalagi untuk biaya promosi dan lain lain.

Pada dasarnya, UMKM menjadi pendukung penting dalam kemajuan ekonomi suatu bangsa. Semakin banyak para pelaku Usaha Kecil Menengah disuatu negara menunjukan bahwa negara itu memiliki sistem perekonomian yang baik.

Maka dari itu, pemerintah selalu mengupayakan para pelaku usaha kecil agar bisa maju. Berbagai cara pemberdayaan yang dilakukan bertujuan untuk mensejahterakan mereka dan juga mengurangi berbagai produk impor. Ini sangat penting untuk mengurangi beban keuangan negara jika harus terus menerus mengimpor barang dari luar negeri.

Bagi para pelaku industri kreatif atau pelaku Usaha Kecil Menengah ‘UKM’, memang kita dalam menjalankan usaha itu tidak mudah. Ada banyak sekali penyebab kegagalan usaha sehingga kita tidak pernah maju. Setidaknya dengan berbagai tips berikut ini bsa memberikan manfaat bagi anda semuanya mengenai mengatasi kegagalan usaha.

Tips Mengatasi Kegagalan Dlam Usaha Kecil Menengah

kegagalan usaha

UKM atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu aset bangsa yang berperan penting dalam mengembangkan perekonomian negara. Akan tetapi, justru kegagalan kegagalan yang dialami oleh Usaha Kecil Menengah ‘UKM’ terutama bagi mereka yang baru memulai itu lebih besar presentasinya. Hal tersebut karena masalah pendanaan ataupun masalah lainnya.

Nah untuk bisa meminimalisir berbagai kegagalan yang mungkin akan terjadi, maka setidaknya tips tips berikut ini bisa berguna dalam mengatasi kegagalan bagi usaha kecil menengah yang sedang anda jalankan. Silakan simak baik baik.

1. Perhatikan setiap pengeluaran keuangan

Dalam berbisnis, jangan sampai anda mengeluarkan uang yang tidak benar benar mendatangkan keuntungan. Kalau bisnis anda baru, lupakan sejenak tentang investasi, biaya jangka panjang, atau sesuatu yang tidak pasti dan lainnya. Tapi anda harus memikirkan sesuatu yang memang mendatangkan hasil. Karena uang yang anda miliki itu harus berputar begitu cepat. Karena kalau sampai ada yang tidak tercukupi dalam kebutuhan akan uang walau hanya satu bagian saja, usaha itu bisa bangkrut.

Bagi yang baru terjun ke dalam dunia usaha, tidak perlu belanja berbagai alat yang bukan termasuk kebutuhan. Karena banyak orang yang beli berbagai macam perlengkapan barang untuk melengkapi bisnisnya padahal jika sudah dibeli tidak terpakai lagi, bahkan nganggur. Jadi mereka sekedar ingin atau kepincu untuk memiliki barang tersebut atau karena gengsi jadi ikut membelinya. Hal itu sebenarnya lebih baik dialokasikan untuk membeli sesuatu yang memang menunjang produktivitas.

BACA JUGA :Peluang Bisnis Menggunakan Smartphone Mendapat Banyak Pelanggan

Ketidaktepatan dalam pengeluaran uang dalam sebuah usaha menjadi sebuah sinyal kehancuran bagi usaha itu sendiri. Sudah banyak sekali orang yang lalai dalam hal ini sehingga mereka harus banyak belajar dari kegagalan itu. Padahal jika sudah gagal, terlebih kegagalan yang sangat besar, akan sangat sulit sekali untuk bangkit kembali.

Untuk itu, walau belum bisa mendapatkan pemasukan yang lebih besar bagi sebuah industri yang bisa dibilang start up, setidaknya kita dapat menekan semaksimal mungkin pengeluaran. Pendanaan bagi sebuah usaha baru itu bisa dibilang sangat sulit untuk didapatkan namun mudah untuk dikeluarkan, jadi perlu penjagaan ekstra terhadap setiap dana yang dimiliki.

2. Kurangi promosi berlebihan, perbanyak produksi

Banyak sekali perusahaan kecil menengah yang fokus ke dalam hal promosi. Sehingga mereka akan kurang fokus terhadap produksi barang berkualitas. Padahal, tanpa barang berkualitas, promosipun tetap akan percuma atau dalam kata lain tidak akan memberikan efek yang banyak. Namun bukan berarti dalam usaha tidak perlu dilakukan upaya promosi, karena promosi juga termasuk bagian penting dalam perkembangan usaha.

Bagi para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan modal tentunya tidak memiliki alokasi dana khusus untuk menyewa jasa marketing. Jika para karyawan yang bekerja disuruh untuk membantu proses promosi, tentunya akan berakibat terhadap penurunan produksi nantinya.

Jadi disini kita harus tahu cara beriklan yang baik tanpa mengurangi bahkan mengganggu proses produksi. Anda bisa belajar bagaimana cara memanajemen usaha dengan baik terutama dalam bidang marketing yang sudah banyak dibahas di banyak blog di internet ini.

Promosi merupakan hal yang penting, maka dengan keterbatasan modal yang ada, kita bisa memanfaatkan banyak media promosi gratis. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial, website, ataupun dengan mencoba beriklan menggunakan fb ads ataupun adwords. Ini akan menyumbang banyak penghasilan karena penjualan yang meningkat.

3. Jangan pernah sepelekan momen

Banyak momen momen penting yang terjadi selama setahun. Disinilah peran anda untuk tidak membiarkan momen tersebut terlewat begitu saja. Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dalam momen tersebut. Kesemuanya itu dibuat dengan maksud untuk menggapai keuntungan sebaik mungkin.

Misalnya saat bulan ramadan tiba, cobalah anda untuk membuat produk produk yang relevan dengan ciri khas bernuansa islam dan hari raya suci umat islam. Atau saat hari natal, buatlah sesuatu yang memang memiliki ciri khas dengan perayaan natal. Dengan mengikuti alur yang dikondisikan sesuai waktu saat itu, maka kemungkinan untuk dilirik oleh orang lain lebih besar.

Berbagai momen momen seperti acara bazar, harbolnas, atau saat hari spesial tertentu juga tak boleh dilewatkan. Cobalah untuk jangan terlalu memikirkan keuntungan banyak saat itu. Berikan diskon besar besaran kepada konsumen. Walau anda nantinya tidak mendapatkan untung yang banyak tapi setidaknya dengan cara itu produk yang anda jual lebih banyak diketahui orang lain.

Ini trik jangka panjang, jadi nantinya jika memang para pembeli suka akan produk anda, maka mereka akan kembali membelinya, bahkan merekomendasikan kepada orang lain. Tentunya ini akan memberikan keuntungan yang berkembang dari waktu ke waktu.

Perlu anda tahu, kita sebagai pelaku UMKM yang baru saja terjun ke dunia yang sudah banyak digeluti orang lain, tentunya tak mudah untuk menyingkirkan para pesaing. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah menjual produk dengan harga yang lebih murah.

Apakah itu tidak rugi?

Kita tetap mengambil untung, cuma tidak perlu banyak banyak. Asalkan kualitas minimal sama dengan para pesaing, nantinya banyak orang yang memburu produk anda. Dari keuntungan kecil setiap produk kalau presentase penjualannya banyak maka akan menghasilkan keuntungan yang banyak pula.

Jadi tak perlu lah kita jual mahal produk kita jika kita masih baru meluncur dan tidak bisa memberikan sesuatu yang memang benar benar baru dan unik. Hanya dengan mengurangi hargalah usaha kita bisa tetap berjalan dan berkembang.

BACA JUGA: 3 Jenis Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Banyak Yang Patut Untuk Anak Muda

Banyak perusahaan yang sudah menerapkan akan hal ini dan mereka berhasil. Jadi cobalah lakukan hal ini untuk mengurangi kegagalan usaha anda.

4. Kurangi terlalu banyak berencana tapi sulit bertindak

cara pemasaran produk

Menyusun strategi dan merencanakan mengenai berbagai hal untuk masa mendatang memang salah satu hal yang diperlukan dalam langkah langkah berbisnis. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai anda terjebak didalamnya ini bisa jadi biang kegagalan usaha. Banyak sekali dari mereka yang terlalu banyak berencana namun sulit bertindak dan akhirnya mereka bangkrut dan hancur.

Perencanaan yang tepat memang akan menghasilkan sasaran yang tepat pula. Akan tetapi tak semua rencana bisa berhasil dengan baik tanpa pengaturan pola usaha yang baik pula. Namun berdasarkan pengamatan, untuk usaha kecil menengah, jika mereka terpaut kepada perencanaan, maka pola usaha akan terkesan kaku. Hal itu justru akan mengurangi jalannya usaha itu sendiri yang berakibat pada kegagalan usaha.

Untuk mengatasi kegagalan usaha dalam hal ini, maka kita bisa mengantisipasinya dengan tetap membuat rencana namun jangan terpaut betul dengan rencana itu sendiri. Karena kita pun pasti tidak akan bisa sama persis menjalankan rencana itu sesuai harapan. Jadi kita ikuti alur usaha saja tapi tetap berpatokan kepada rencana yang telah disusun.

Selama masih dalam masa hidupnya, Bob Sadino salah satu pengusaha Indonesia yang sukses pernah mengatakan bahwa “usaha yang baik itu bukanlah usaha yang terus menerus dipikirkan, tapi dilakukan”. Karena saat kita memikirkan rencana yang tak kunjung usai, banyak pihak lain yang sudah mendahului langkah kita sementara kita masih terpaut dibelakan.

Zaman sekarang ini adalah masa yang begitu ketat dengan yang namanya persaingan. Kita tidak boleh terlalu lama menganalisis suatu usaha, karena akan kalah. Bisa usaha lain memiliki tim analisis sendiri, agar mereka bisa berjalan tepat dan cepat. Namun kalau anda tidak memiliki tim analisis, maka buatlah sebuah analisis sederhana lalu terapkan hal itu pada semua bidang. Sehingga usaha milik anda tidak kalah cepat dengan laju usaha lainnya. Hasil akhirnya ialah mampu mengurangi kegagalan usaha kedepannya.

5. Kurang Fokus

Salah satu kesalahan fatal penyebab bisnis online gagal yang jarang disadari adalah pelaku usaha kurang fokus dan salah dalam menjalankan usahanya. Karena poin itu sangat sangat penting dalam kesuksesan sebuah usaha.

Saya sendiri sering mengamati bahwa kurangnya fokus terhadap pekerjaan menjadi penyebab kegagalan usaha yang begitu mendominasi. Karena jika seseorang sudah memasuki dunia usaha, akan ada banyak hal mengganggu nantinya. Berbeda saat masih seseorang masih menjadi pekerja atau karyawan. Mereka justru bisa fokus karena ada bos yang selalu memantau dan mengawasi setiap pekerjaan mereka.

BACA JUGA : Peluang Usaha Di Tahun Ini Yang Paling Menjanjikan Dengan Modal Minim

Rasa malas dan ingin selalu enak enakan merupakan salah satu sikap kurang fokus. Padahal, banyak sekali usaha yang dulunya kecil menjadi besar karena perjuangan pahit dari pemiliknya. Mereka mengorbankan waktu dan hidupnya untuk keluar dari zona nyaman. Namun semua kesulitan itu akan tergantikan dengan kesuksesan pada akhirnya.

Jadi fokus itu totalitas. Bukan soal menjalankan usaha agar berada pada jalur yang tepat saja, namun bagaimana mengorbankan waktu dan jiwa kita untuk bisa mengurus penuh terhadap usaha yang sedang dijalankan. Itu memang sulit, tapi itulah yang menjadikan usaha kita bisa berkembang atau tidak kedepannya.

6. Tidak Mau Go Digital

Pemerintah melalui Kominfo dan para partner lainnya sendiri selalu menggalangkan banyak dana untuk berusaha agar para masyarakat (terutama para pelaku usaha UMKM) mau untuk go digital. Namun berbagai fasilitas yang diberikan pemerintah seperti halnya domain gratis .id dan hosting gratis di tahun pertama untuk satu juta usaha kecil dan lembaga pendidikan disalahgunakan oleh orang yang sekedar mencari keuntungan. Hal ini tentunya karena banyak dari pelaku usaha yang tidak segera memanfaatkan progam tersebut.

Bahkan baru baru ini, pemerintah juga menargetkan 8 juta UKM di Indonesia untuk go digital. Tentunya program ini dibarengi dengan berbagai macam pelatihan-pelatihan agar bisa memaksimalkan penjualan secara online. Jadi bagi anda semua yang punya industri kreatif dan juga usaha apapun itu, jangan sepelekan program pemerintah tersebut.

Kenapa harus go digital, bukannya persaingan malahan tambah banyak?

Benar, memang persaingan di dunia maya itu sangat banyak, coba bayangkan jika target pemerintah untuk 8 juta Usaha Kecil Menengah ‘UKM’ tersebut sudah berhasil. Dengan jumlah sebanyak itu dan ditambah lagi dengan perusahaan besar yang telah lebih dulu menguasai pasar online, pastinya persaingan tak bisa kita anggap mudah.

Namun dibalik itu, jika kita mau go digital maka peluang akan kesempatan untuk dikenal banyak orang juga lebih banyak. Jangkauan online masyarakat Indonesia yang mencapai 80 juta lebih membuat kita memiliki harapan lebih untuk bisa memenangi hati banyak orang. Dan mereka semua adalah calon konsumen dari kita.

Ada keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan go digital. Yaitu karena kita diharuskan untuk bersaing dengan banyak orang, maka kualitas produk, pelayanan dari kita, hingga kepercayaan menjadi hal mutlak untuk ditingkatkan. Jika kita sama dengan orang lain, tentunya kita akan kalah, tapi jika lebih baik dari orang lain, maka akan ada kemungkinan untuk memenangkan persaingan.

Dengan kita go digital, maka tidak perlu membeli tanah, beli toko, bayar pajak tanah, urus surat surat dan sebagainya. Kita bisa memanfaatkan marketplace atau membuat toko online sendiri yang justru biayanya lebih murah.

Kalau saat ini anda belum memanfaatkan teknologi digital untuk usaha anda, maka siap siap dalam waktu beberapa tahun lagi anda akan kalah. Karena belanja online itu bukan sebuah tren, tapi akan menjadi rutinitas di masa depan yang terus menerus dilakukan banyak orang. Jadi apabila masih menjalankan usaha secara offline, cobalah untuk sambil belajar bagaimana cara bisnis online agar kedepannya bisa menjalankan usaha secara online maupun offline.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mengatasi kegagalan usaha kecil menengah. Semoga pembahasan ini bermanfaat buat kita semuanya terutama bagi para pelaku industri kreatif UKM agar bisa meminimalisir kegagalan usaha kecil menengah. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan beragam informasi yang unik dan bermanfaat. Sampai jumpa.

About netpus

Check Also

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Banyak Yang Patut Untuk Anak Muda

3 Jenis Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Banyak Yang Patut Untuk Anak Muda

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Terbaik. Banyak masyarakat yang sampai sekarang ini sering kali salah dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *