Home > Adsense Tips > Perubahan Youtube Pasca di Boikot Beberapa Perusahaan
Youtube Di Boikot
Youtube Di Boikot

Perubahan Youtube Pasca di Boikot Beberapa Perusahaan

Perubahan Youtube – Bulan April kemarin, Youtube mengalami pemboikotan dari beberapa perusahaan besar yang kemudian membuat iklan tak muncul didalam video.

Kini, perusahaan yang melahirkan banyak jutawan baru lewat video itu mulai berbenah dan menetapkan aturan Youtube terbaru yang amat sangat ketat terkait tayangan iklan.

Dan dibawah ini, adalah perubahan Youtube yang sangatlah terasa setelah mengalami pemboikotan dari beberapa perusahaan besar yang ada diseluruh dunia.

Perubahan Youtube Pasca Boikot

Disini saya sudah merangkum beberapa perubahan Youtube, dimana terdapat tiga perubahan yang sangat mencolok, diantaranya adalah :

1. Pengajuan Monetisasi Kian Sulit

Bukan menjadi rahasia lagi jika Youtube merupakan tempat favorit mengumpulkan dollar pada tahun 2016-kebawah, dimana proses pengajuan monetisasinya sangatlah mudah.

Dulu, kita hanya membutuhkan satu video original yang nantinya akan ditinjau oleh Google. Setelah proses peninjauan selesai, biasanya iklan akan langsung muncul dan proses peninjauannya pun amat sangat cepat (kurang lebih selama 48 jam).

BACA JUGA : Menghasilkan Uang dari Youtube Adsense Lewat 5 Jenis Video Ini

Namun, untuk saat ini hal tersebut dipastikan sulit terjadi, karena peraturan Youtube terbaru mewajibkan 10.000 views baru nanti pihak Youtube akan melakukan peninjauan.

perubahan youtube

Gambar diatas adalah screenshot pengajuan monetisasi yang saya lakukan beberapa hari yang lalu. Terlihat, dimana pihak Youtube baru akan melakukan peninjauan, jika video kita ditonton sebanyak 10.000 viewers.

2. Konten Para Kreator Menjejali “Trending”

perubahan youtube

Pasca mengalami boikot ternyata hal positif menghinggapi para konten kreator, dimana video-video yang mereka buat berhasil menembus trending Youtube. Gambar diatas adalah beranda dari Youtube Indonesia, dimana semua video trending berasal dari para konten kreator.

Sebelumnya, beranda Youtube Indonesia lebih sering dijejali dengan video-video reupload dengan berbagai macam judul yang berbeda-beda, seperti :

  • Heboh, penampakan kapal Nabi Nuh.
  • Ngeri!! video balapan bus, dll.

BACA JUGA : Peluang Bisnis Online Youtube Dan Raup Ratusan Juta Lewat Adsense

Keberhasilan masuknya video para konten kreator ke trending Youtube pastinya membawa angin segar, dimana para konten kreator lain akan lebih memeras otaknya lagi demi membuat sajian yang menarik untuk dinikmati agar karyanya bisa menembus trending juga.

3. Reuploader Mulai Berkurang

Jika dulu ambil video orang lain untuk dimonetisasi, maka kali ini sudah dipastikan sulit. Channel-channel reupload yang dulu sempat berjaya dan menghasilkan banyak uang perlahan-lahan mulai habis, karena terdeteksi sebagai spam atau yang lainnya.

Mungkin, masih ada sebagian channel reupload yang masih aman. Namun, hal tersebut dipastikan sulit bertahan lama dan kalaupun itu ada mereka dipastikan sulit mendapatkan dollar, karena viewersnya belum mencapai 10.000.

Jadi, kebijakan Youtube terbaru ini selain melindungi para konten kreator, sebenarnya juga mengajak para reuploader untuk mulai serius membuat karya yang berguna untuk orang lain.

Kesimpulan

Perubahan yang terjadi pada Youtube saat ini sebenarnya juga karena oknum-oknum penggunanya, dimana mereka hanya ingin menghasilkan banyak dollar dari video yang diupload tanpa tahu baik dan buruknya.

Intinya adalah jika ingin berkarya dan menghasilkan uang di Youtube haruslah mempunyai modal, baik itu dari alat, kreatifitas maupun tekad.

About netpus

Check Also

1

Cara Setting Robots.txt Secara Maksimal Agar SEO Friendly WordPress

Cara Setting Robots.txt Secara Maksimal Agar SEO Friendly WordPress – Kali ini kita akan bahas pokok penting …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *