Home > Blogging > Manfaat Dan Fungsi Menggunakan Internal Link Dalam Artikel Website
Manfaat Dan Fungsi Menggunakan Internal Link Dalam Artikel Website
Manfaat Dan Fungsi Menggunakan Internal Link Dalam Artikel Website

Manfaat Dan Fungsi Menggunakan Internal Link Dalam Artikel Website

Perlu kamu tahu Fungsi menggunakan internal link ternyata sangatlah penting untuk suatu blog.  Kali ini saya coba membahas mengenai internal link dimana sebenarnya cara ini sudah lama sekali. Tetapi masih metode internal linking ini menjadi jurus jitu untuk menaikkan peringkat website.

Dalam mempelajari SEO (Search Engine Optimization) kita perlu bersabar dalam melihat hasil dari SEO yang kita terapkan dalam suatu website.

Semua artikel yang kita tulis secara tidaklah mungkin bisa langsung page one kecuali websitenya sudah memiliki page rank tinggi dan kualitas artikel yang bagus di mata google.

Dalam penulisan artikel kita harus benar. Coba anda bayangkan ketika 10 artikel saja yang berhasil anda optimasi menduduki peringkat 10 besar di search enggine google. Tentu trafik blog/website anda akan naik drastis.

Maka itu pengunjung website anda akan berlimpah. Selain menggunakan teknik SEO seperti penempatan kata kunci, Keyword di bagian judul, Menambahkan TAG, Ternyata ada jurus yang sangat mempengaruhi domain/website sobat di search enggine google yaitu teknik SEO menggunakan internal link.

Apa Itu Internal Link Dalam Artikel  Website ?

Internal link adalah suatu link dari satu halaman/posting menuju halaman/posting lain di dalam blog/website yang sama, dimana link yang dipasang menuju halaman/post yang membahas topik atau bahasan yang masih terkait dengan artikel yang dipasangi internal link.

Bayangan mudahnya adalah Link yang di pasang di dalam artikel website dan link itu menuju halaman/post yang memiliki kaitan dengan artikel yang anda bahas.

Perlu kamu ketahui saat ini bahwa google menilai kualitas artikel di dalam website anda dngan menggunakan Salah satu cara penilaian google adalah Bounce rate (pentalan).

Apa Itu Bounce Rate?

Ssaya coba jelaskan secara gampangannya saja. Saat pengunjung membaca artikel di website anda, dan ternyata pengunjung betah membacanya tidak pengen cepet2 pindah website lain, yang artinya website anda memiliki informasi yang bagus maka ini akan menurunkan tingkat Bounce rate. Itu artinya anda memiliki artikel yang berkualitas.

Apalagi saat pengunjung membaca artikel terkait selain artikel yang dilihat pertama kali dalam blog anda, itu artinya Bounce rate artikel anda rendah. Maka google dapat memberikan nilai bahwa artikel di website anda berkualitas, karena lamanya waktu pengunjung membaca artikel di website anda.

Beda ceritanya ketika pengunjung membuka website sobat lalu membaca artikel di website anda hanya beberapa detik saja, setelah itu pergi meninggalkan blog sobat, itu berarti tingkat bounce rate pada artikel website anda tinggi. Nah itulah gambaran dari maksud Bounce Rate dalam suatu website.

Dari sini sudah jelas penilain google terhadap website/artikel yang anda tulis dapat bermanfaat bagi pembaca atau tidak, dengan menggunakan cara internal link atau menambahkan internal link. Bisa juga menambahkan artikel terkait menuju posting yang memiliki bahasan yang sama.

Pengunjung akan semakin mudah mengakses halaman lain yang berkaitan dengan bahasan anda dengan memasang internal link tanpa harus meninggalkan halaman yang pertama. Efektifnya dalam internal link sebaiknya link di seting agar membuka tab/halaman baru. Sebagai contoh Internal link yang bisa saya pasang di dalam artikel ini :

Baca juga : Cara Riset kata kunci/Keyword Low Competitor dengan tool dari google.

Hal-hal Yang Harus Kamu Tahu Saat Menggunakan Internal Link

Manfaat menggunakan internal link ini sangatlah besar sekai dalam teknik SEO meningkatkan Serp di google.  Dimana saya jelaskan di awal tadi, tidak hanya Optimasi Keyword, Penambahan TAG, dan Optimasi judul pada artikel saja. Internal link juga dapat memberikan Visibilitas website anda semakin baik.

Semakin banyak halaman/artikel yang di akses dan dibaca oleh pengunjung, maka semakin bagus pula website anda dimata mesin pencari. Google akan lebih mem prioritaskan website anda agar lebih banyak mengindex halaman dan artikel pada blog/website anda. Hal ini akan membuat perubahan besar di dalam website anda. Dimana peluang halaman dan artikel anda akan semakin besar untuk dapat muncul di page one Search enggine google( hasil pencarian).

Nah, Ternyata dalam menggunakan internal link tidakah sembarangan buat. Menambahkan internal link haruslah tidak menyalahi aturan google. Berikut ini hal yang perlu anda pahami dalam menambahkan internal link di dalam artikel/halaman website.

  1. Bahasan/Topik Saling Berkaitan

Artikel/halaman yang menggunakan internal link haruslah artikel yang memiliki topik bahasan terkait atau berhubungan dengan artikel yang di bahas.

  1. Penambahan Anchor Text

Menggunakan anchor teks yang Berfariasi sesuai dengan link dan judul halaman yang akan di tujukan. Ini akan memperbanyak  variasi kata kunci website anda, untuk hasil pencarian di search engine google.

Contoh anchor text link utama ” Cara menambahkan internal link di website”, anda dapat menyeting anchor link nya dengan ” Cara membuat internal link untuk SEO”. Atau dengan kata yang lebih luas lagi.

  1. Banyaknya Internal Link Yang Di Pasang

Bagusnya anda menggunakan internal link dalam satu artikel itu Maksimal gunakan 3 internal link.  Jika anda terlalu banyak memasang internal link maka anda bisa terkena angapan google sebagai website SPAM. Tentu ini akan sangat merugikan anda dan website anda juga tidak akan bagus di mata google.

Dalam melakukan cara menggunakan internal link ini anda membutuhkan kesabaran untuk meliha hasilnya. Perlu aktu yang panjang dan proses yang lama untuk menaikan serp domain/website baru di search enggine google.

Buatlah google mudah merayapi situs anda dengan menambahkan struktur yang baik di dalam website anda seperti menggunakan internal link ini.

Semakin tepat dan baik anda menempatkan internal link di dalam artikel website anda maka semakin baik pula google meng crawl link-link yang ada di website anda. Selain meningkatkan Serp google, Internal link juga sangat mempengaruhi nilai page view website.

Dimana semakin banyak page view website anda maka semakin bagus pula penilain google terhadap website anda.

Walaupun cara Menggunakan Internal Link ini sudah sangat Purbakala, tapi teknik internal link ini masih menjadi andalan para webmaster di dunia loh.

Dengan pembahasan internal link kali ini, semoga dapat membantu anda untuk meningkatkan trafik website anda dengan cara memperkuat Serp website di search enggine menggunakan metode SEO internal link. Terimakasih, silahkan bertanya jika ada pertanyaan melalui kolom kmentar di bawah.

About netpus

Check Also

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dalam Pilihan MASTAH!

Cara JITU Meningkatkan Pengunjung Blog – Anda mungkin tahu bahwa pengunjung (biasa juga disebut trafik) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *