Informasi Lengkap, Tekno & Gadget

Cara Setting SSL Error Dengan Mudah Dan Cepat

SSL Certificate (Secured Socket Layer) – Adalah teknologi digital yang digunakan untuk mengamankan transmisi data didalam suatu website. Jadi ketika anda mengunjungi website yang mengharuskan untuk login mengisi user, password, nomor debit, atau anda sedang melakukan pembayaran online di dalam website yang menggunakan SSL, secara tidak langsung anda sedang berada di jaringan yang aman. Dengan adanya SSL ini sangat berguna untuk mencegah pencuriaan data-data penting.cara setting ssl dengan cepat dan mudah

Setelah anda menginstall dan men-setting SSL domain lalu mendapatkan notifikasi masalah SSL error pada browser. Tidak dapat di buka atau masalah dimana terdapat icon gembok berwarna merah atau kuning atau bahkan silang. Lalu bagaimana cara mengatasi ssl domain yang error ini?

Ada banyak sekali orang yang merubah domainnya dari “Http” ke “Https”. Ini semua karena penyampaian google yang mem-prioritaskan domain yang menggunakan HTTPS dianggap lebih unggul dari pada domain yang tidak menggunakan SSL “http”. Dan ditambah lagi sekarang juga banyak tersedia tempat untuk mendapatkan  SSL Gratis yang semakin memudahkan para blogger.

Ciri Pemasangan HTTPS Yang Baik dan Benar

Tanda SSL domain website yang sukses adalah berwarna hijau. Jika berwarna putih/kuning itu artinya ada sumber/source dari halaman website yang tidak menggunakan SSL atau masih memakai alamat “Http://” yang belum dirubah ke “Https://”. Contoh url dari gambar/images yang ngelink ke website lain masih menggunakan “http://”

Cara Mencari Link Penyebab SSL Certificate Error

Untuk melihat url mana yang belum berubah ke “https://”. Anda bisa melihatnya dengan menggunakan browser, caranya dengan klik kanan di halaman website  kemudian inspect element, tekan Ctrl + F, ketikkan “http://” tekan enter. Disana anda dapat menemukan link yang masih menggunakan “http://”inspect element cek sll domain

 7+/- Plugin SEO WordPress Terbaik Paling Di Rekomendasikan

Ada beberapa cara atasi SSL error yang umum digunakan. Sebenarnya tergantung pada kondisi website anda, apakah menggunakan CMS, Blogger, atau Cpanel lainnya. Disini kita akan bahas satu per satu cara mengatasi https yang tidak sempurna di install.

Cara Atasi SSL Error Menggunakan Plugin WordPress 

Bagi anda pengguna CMS WordPress ada beberapa opsi plugin yang dapat anda coba untuk cara atasi SSL error pada website. Berikut akan saya jelaskan cara setting SSL di wordpress satu per satu berdasarkan jenis plugin yang umum di gunakan.

    1. Really Simple SSL”

      Jika anda memakai CMS wordpress di Hosting, anda dapat melakukan cara setting SSL di wordpress menggunakan plugin Really Simple SSL”

      1. Masuk ke wp-admin website anda
      2. Lalu tambahkan Plugin, “Plugin – Tambahkan Plugin
      3. Ketikkan di box Search Plugin “Really Simple SSL”
        Cara redirect http ke https menggunakan plugin
      4. Install dan jalankan plugin tersebut.
      5. Lalu secara otomatis plugin tersebut akan meredirect domain anda ke “https” dan semua url di website yang belum masih menggunakan “http”.
    2.  “SSL Insecure Content Fixer”

      Selain cara di atas, ada juga dapat menggunakan  salah satu cara setting SSL di wordpress dengan menggunakan “SSL Insecure Content Fixer”

      1.  Masuk ke wp-admin website anda
      2.  Lalu tambahkan Plugin, “Plugin – Tambahkan Plugin”
      3.  Ketikan di box search Plugin “SSL Insecure Content Fixer”
        mengatasi ssl menggunakan plugin
      4. Install dan jalankan plugin tersebut.
      5. Lalu secara otomastis plugin tersebut akan meredirect domain anda ke “https” dan semua url di website yang belum masih menggunakan “http”
    3. “WP Force SSL”

      Selain plugin di atas, ada juga plugin yang bisa anda gunakan untuk cara atasi SSL error seperti menggunakan plugin WP Force SSL.

      1.  Masuk ke wp-admin website anda
      2.  Lalu tambahkan Plugin “Plugin – Tambahkan Plugin”
      3.  Ketikan di box search Plugin “WP Force SSL”
        cara atasi ssl error menggunakan plugin wp force ssl
      4.  Install dan jalankan Plugin tersebut.
      5.  Lalu secara otomatis plugin tersebut akan meredirect domain anda ke “https” dan semua url di website yang belum masih menggunakan “http” 
    4.  “One Click SSL” 

      Untuk cara atasi SSL error anda juga dapat menggunakan plugin One Click SSL dengan settingan yang sangat mudah.

      1.  Masuk ke wp-admin website anda
      2.  Lalu tambahkan Plugin “Plugin – Tambahkan Plugin”
      3.  Ketikan di box search Plugin “One Click SSL”
        cara atasi ssl error menggunakan one click ssl
      4.  Install dan jalankan Plugin tersebut.
      5.  Lalu secara otomatis Plugin tersebut akan meredirect domain anda ke “https” dan semua url di website yang belum masih menggunakan “http”.

Berikut cara setting SSL di wordpress, kedua kita akan membahas cara mengatasi http yang tidak sempurna di install menggunakan Blogger.

Cara Setting SSL di Blogger

Seperti yang kita ketahui Blogger telah menyediakan fitur SSL “https” gratis bagi pengguna Blogger. Jika anda telah merubah http ke https Blogger anda tetapi masih mengalami error, ada baik nya anda mengecek settingan Blogger anda atau dapat mengikuti tutorial di bawah ini:

  1.  Pertama anda harus login terlebih dahulu ke akun Blogger anda
  2.  Setelah itu pilih opsi “Draf Blogger”
  3.  Setelah masuk ke setelan dasar lihat pada bagian HTTPS
    cara setting ssl di blog
  4.  Pada bagian pengalihan HTTPS, pilih “YA
  5.  Setelah itu, tunggu hingga kurang lebih 3 menit
  6.  Terakhir refres halaman, atau tekan CRTL+R

Berikut cara mengatasi https yang tidak sempurna di install menggunakan Blogger. Selain menggunakan CMS, dan Blogger kita juga dapat menggunakan Cpanel. Berikut kita akan mengatasi https yang tidak sempurna di install menggunakan Cpanel:

Cara Atasi SSL Error Menggunakan .Htaccess

Bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan plugin dan tidak memiliki space penyimpanan yang besar pada website anda, anda bisa memilih opsi “.Htaccess”. Untuk langkah pertama anda telah login pada cpanel anda melalui “https://namadomain/cpanel,”, setelah login anda dapat menggikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke File Manager
    cara setting ssl menggunakan .htaccess
  2. Masuk ke folder public_html
    public_html
  3. Edit file .htaccess, jika tidak terdapat file ini pastikan merubah pengaturan dari file manager itu sendiri, pilih “Setting” kemudian beri tanda centang pada “Show Hidden File”, lalu save
  4. Tambahkan kode berikut ini ke dalam .htaccess
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTPS} off
    RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]
  5.  Klik “Save”
  6.  Jika anda ingin melihat perubahan setinggan anda, maka tunggu hingga 1x24jam, biasanya 10menit saja sudah bisa di lihat perubahannya.

Untuk mengatasi ssl domain error yang kadang bisa di buka dan kadang tidak bisa. Cobalah ingat-ingat apakah pernah mendaftarkan website anda ke layanan SSL gratis lainnya seperti di cloudflare. Jika pernah, maka pastikan anda telah menghapusnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.