Minggu , 21 April 2019 | 4:01 am
Home | Blogging | Cara Lengkap Menggunakan Google Search Console Untuk Website/Blog
Search Console
Search Console

Cara Lengkap Menggunakan Google Search Console Untuk Website/Blog

Cara Lengkap Menggunakan Google Search Console – Sebelum kita bahas mengenai masalah ini, marikita pahami dulu apa itu fungsi google seacrh console . Google Search Console adalah layanan yang diberikan oleh google untuk para pemilik website,blog atau aplikasi guna mengoptimasi website mereka dalam mesin pencarian google. Bagi anda yang memiliki website/blog maka anda wajib menggunakan google search console untuk mengoptimalkan trafik website anda.

Para pakar Seo, dan semua yang memiliki website pasti mendaftarkan website mereka di google search console ini. karna inilah alat yang diberikan google kepada kita untuk memonitor website kita. melalui google search console anda bisa mengetahui berbagai macam masalah yang ada di website anda, anda bisa memonitor error, trafik, keyword, index, url found dll… dengan mudahnya.

BACA JUGA : Ini 5+ Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Oleh Blogger Pemula

Lalu bgaimana cara menggunakan google search console untuk website atau blog? caranyapun sangat mudah sekali, anda hanya perlu mendaftar di Webmaster Tools dan memverifikasi website anda. disini saya akan menjelaskan cara menggunakan google search console secara lengkap :

  1. MENDAFTAR DI GOOGLE WEBMASTER TOOLS

  2. MENAMBAHKAN PROPERTY/WEBSITE

  3. VERIFIKASI WEBSITE

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan ke 3 langkah di atas, mungkin bagi anda yang sudah terdaftar di google search console skip saja tutorial ini.

Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tools

  • Pertama silahkan login di Webmaster Tools
  • Login menggunakan akun google anda/email google anda
  • Selanjutnya setelah anda berhasil login, anda akan dialihkan ke halaman HOME Search Console, langkah yang harus anda lakukan adalah Menambahkan Property, yaitu memasukan website anda dengan cara klik ADD A PROPERTY dan masukan alamat website/blog sobat lalu klik Add.
  • Selanjutnya anda akan diminta melakukan verifikasi website anda dengan cara memilih metode yang anda inginkan. agar tidak bingung, jika anda menggunakan Blogger/blog anda pilih saja Alternate Methods > HTML Tag. lalu anda copy paste code yang diberi ke dalam template blog sobat tepatnya setelah code <head>.

    Jika anda menggunakan Hosting/CMS WordPress anda dapat memilih Recommendend Methods >  Download this HTML verification file. Upload file yang anda downlod tadi ke server root website anda di hosting, anda bisa menggunakan file manager/FTP.

    Jika Sudah memilih metode verifikasi maka jawablah pertanyaan keamanan dan Klik VERIFY.

Setelah melakukan langkah di atas, maka website/blog anda sudah terdaftar di webmaster tools/search console. yang perlu anda lakukan berikutnya adalah :

  1. Memasukan Sitemap

  2. Setting www dan Non www

Baik, kita akan bahas ke 2 langkah ini dengan jelas, pastikan anda sudah menyelesaikan ke 3 langkah sebelumnya untuk melakukan langkah ini

Cara Yang Benar Memasukan Sitemap Di Google Search Console

  • Buka Webmater tools
  • Klik bagian Crawl > Sitemaps

  • Klik ADD/Test Sitemap di bagian kanan atas, masukan sitemap website sobat. pada umumnya jika anda menggunakan blogger sitemapnya adalah www.domain.blogspot.com/sitemap.xml
  • Klik Submit.  SELESAI

Anda telah berhasil memasukan sitemap website sobat, tunggu 1-2 minggu untuk google mengindex semua url sitemap website/blog sobat.

Cara Setting www dan Non www Di Google Search Console

Lngkah selanjutnya yang harus andalakukan adalah memilih http://www atau http:// untuk tampilan situs anda di halaman search google.

  • Langkah pertama adalah anda harus mendaftarkan website anda di google search conseole WWW dan Non WWW. caranya sama seperti awal tadi.
  • lalu klik website anda dan buka menu setting.
  • Selanjutnya anda dapat memilih non www atau menggunakan www
  • Pastikan anda juga melakukan setting pada Property www dan non www. SELESAI.

Dengan melakukan langkah di atas maka, website anda sudah menggunakan google search console. yang peru anda lakukan selanjutnya adalah melakukan monitoring untuk mengetahui masalah yang ada pada website anda. yang paling terpenting dan yang harus anda monitor adalah bagian CRAWL.

Cara Menggunakan Google Search Console Untuk Memonitor Error Website

Hal paling utama yang harus anda perhatikan adalah pada bagian CRAWL.

  1. Crawl Errors

CRAWL ERROR

Berguna untuk mengetahui URL ERROR dan SITE ERROR, anda dapat memonitor dan melakukan tindakan pada url website yang error dengan cara Meng MARK AS FIXED url yang error.

Masih banyak sekali fungsi google search console yang belum sempat saya jelaskan satu per satu disini. Saya rasa dengan cara Menggunakan Google Search Console di atas sudah cukup. Terimakasih, semoga bermanfaat.

About Alfa Putra Kusuma Jati

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang terus berusaha menulis dan berkarya agar karya-karya saya pantas disandingkan dengan karya-karya MASTAH di luar sana... Lewat artikel-artikel saya, saya harap banyak orang terbantu dan semoga artikel ini dapat terus bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

Check Also

1

Cara Setting Robots.txt Secara Maksimal Agar SEO Friendly WordPress

Cara Setting Robots.txt Secara Maksimal Agar SEO Friendly WordPress – Kali ini kita akan bahas pokok penting …