Informasi Lengkap, Tekno & Gadget

Cara Memperketat Keamanan Website Secara Maksimal

Cara Memperketat Keamanan Website Secara Maksimal – Keamanan website adalah hal yang paling utama yang harus diperhatikan. Banyak sekali kejadian website diretas oleh para orang jahil yang lagi belajar atau memang lagi iseng atau apalah itu.

Perlu kita sadari, website kita bisa diakses di seluruh dunia, dan tentu akan banyak sekali orang yang ingin mencoba melakukan teting keamanan di website kita.

Banyak website-website baru tumbang karena lalai dalam meningkatkan keamanan website mereka. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Yang perlu anda ketahui dasarnya adalah, hal yang berpotensi dapat menjadi celah Peretas masuk ke website anda itulah yang harus anda ketahui, lalu atasi. Bagaimana cara mengetahui celah keamanan pada website?

Oke, berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mengetahui celah kelemahan pada website.

Cara Mengetahui Kelemahan Pada Website 

  1. Tataletak Dan Fungsi Coding HTML, PHP, JAVASCRIPT, CSS.

    Pada dasarnya website dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP, Javascript, CSS. Dan disinilah kelemahan terbesar dalam website dapat terjadi.

    Kesalahan coding jangan di anggap sepele, mungkin anda sudah merasa bahwa hasil coding anda benar dan memang tidak ada notifikasi error, tapi anda jangan mudah puas akan itu.

    Karena, coding yang lemah akan dapat diinject menggunakan script coding yang memiliki fungsi untuk membuka akses, tentu ini bahaya sekali bagi website anda.

    [box type=”info” align=”aligncenter” class=”” width=””]Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperhatikan fungsi-fungsi dari script coding anda. Apakah ada yang bisa di inject atau tidak. jika ada maka segera tutup celah tersebut.[/box]

  2. SCAN File Template Website

    Lakukan Scaning Tempate website anda secara berkala. Anda bisa mengunakan pihak ketiga seperti website-website penyedia layanan scaning file Template website secara online baik yang gratis maupun berbayar.

    Langkah ini bertujuan untuk mengetahui Code yang ada dalam website anda apakah ada yang bermasalah atau bahkan ada yang sudah di inject oleh orang lain.

    [box type=”info” align=”aligncenter” class=”” width=””]Untuk mengatasi masalah ini saya sarankan gunakan Template yang ber License. Jangan download yang Versi Premium tapi GRATIS. kalo mau pake gratis ya yang GRATIS beneran.[/box]

  3. Menggunakan TOOLS SCANNER Seperti Vulnerability Scanner

    Untuk meningkatkan keamanan website tentu anda harus tau kelemahan pada website anda. Salah satu cara untuk mengetahui kelemahan pada website adalah dengan menggunakan tools Scanner.

    Dengan tools scanner ini anda bisa mengetahui Script HTML,PHP,CSS yang dapat di inject atau di sisipi code. Anda juga akan mngetahui Kelemahan dalam website yang berpotensi untuk memunculkan Directory, Info user, Info Admin, Dll…

Nah, Setelah anda mencoba mengetahui kelemahan pada website, lalu bagaimana meningkatkan keamanan website anda?

Langkah Untuk Meningkatkan Keamanan Website Secara Maksimal

Keamanan Website

Langkah berikut ini bisa dilakukan di semua website :

  1. Membatasi Akses File

    Untuk meningkatkan Keamanan Website, anda perlu membatasi akses file yang ada di dalam Root Website anda. Rubahlah file permissionnya secara benar, banyak para webmaster kecolongan dalam file permission ini.

  2. Merubah Halaman Login

    Halaman Login sangatlah sensitif sekali, hal paling utama dilakukan peretas dalam aksinya adalah mencari halaman login admin.

    Tentu ini akan sangat berbahaya jika halaman admin anda masih di set default, seperti : Wp-admin.php, Administrator.php, login.php, dll. Ini sangat berbahaya, Anda dapat merubah halaman admin anda dengan menggunakan bantuan plugin atau secara manual.

  3. Setting Password Dengan Berbagaimacam Kombinasi

    Pastikan anda mengunakan password yang memiliki kombinasi yang cukup rumitseperti “N#T7PU$” atau bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda.

    Usahakan jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti nama orang, nama hewan, tanggallahir, nama pacar.

  4. Meningkatkan Keamanan Dengan Htaccess

    Untuk meningkatkan keamanan website anda, anda perlu melakukan sedikit konfigurasi dalam file htaccess. Batasilah pengunjung anda dalam merubah Url dalam website anda seperti penambahan kata/tanda/angka di dalam URL website anda.

  5. Update Plugin & Template

    Update plugin dan template secara berkala itu sangat penting, karena Update adalah memperbarui plugin yang mana guna menutup bug-bug yang ada di dalam plugin tersebut.

    Maka lakukanlah Update saat ada Notifikasi Update terbaru dari plugin dan template yang anda gunakan dan hapuslah Plugin yang tidak anda pakai.

  6. Menggunakan Plugin Keamanan Website

    Jika anda menggunakan CMS wordpress maka anda dapat menambahkan plugin Keamanan website seperti Beter Scurity, Wordfence, Dll… Plugin ini sangat membantu anda dalam mempertebal keamanan website anda dengan mudah.

    BACA JUGA : INI 5+ Plugin Keamanan WordPress Yang Wajib Di Pasang Untuk Mencegah Kejahatan Cyber

  7. Kaitkan Website Anda dengan Penyedia Server CDN

    Penyedia keamanan sangat banyak sekali, ada yang free dan premium. Dan saat ini orang-orang tertarik dengan Cloudflare.

    Dimana menawarkan Versi Free dengan fitur yang sangat baik, salah satunya adalah fitur Scurity yang cukup mempertebal keamanan website kita.

[box type=”success” align=”” class=”” width=””]Dengan melakukan langkah di atas dengan benar, saya pikir akan sangat kesulitan para peretas untuk menemukan kelemahan dalam webite anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam cara meningkatkan keamanan website secara maksimal.[/box]

Comments
Loading...