Home > KomNet > Cara membuat FTP Server menggunakan FileZilla
Cara Membuat FTP Server Mengunakan FileZilla
Cara Membuat FTP Server Mengunakan FileZilla

Cara membuat FTP Server menggunakan FileZilla

Kali ini Kita bahas cara membuat FTP Server menggunakan Filezilla. Filezilla sendiri sangat berguna sekali bagi para webmaster, selain dapat mempercepat kinerja kita. Filezilla juga mampu memberikan lalulintas yang aman saat kita mengirim/mendownload file dari suatu server.

PErlu kamu tahu, pada turotial ini saya memakai FileZilla untuk program FTP Servernya. Kenapa saya pilih filezilla ini karna selain gratis, Pengaturannya juga cukup gampang untuk pemula serta tersedia untuk sistem OS Linux & Windows.

Langkah Setting Filezila Di Laptop/Komputer

  • Pertama Download Filezilla, Bisa dicari di google.
  • Setelah itu install filezillanya, install kayak biasa, kalo gak mudeng, next2 aja.
  • Untuk mengecek server FTP sudah jalan atau belum anda gunakan tools bawaan windows yaitu Task Manager. Lihat pada menu prosses apakah Proses FileZilla Server.exe berjalan.
    membuat ftp server di filezilla
  • Setelah itu Buka FileZilla Interface.
    membuat ftp server di filezilla
  • Lalu Piih Menu Edit Klik Bagian Users. Silahkan jika anda ingin membuat user baru klik Add user. Saat anda ingin FTP Server Bisa di akses semua pengguna silahkan beri nama Anonymous pada bagian Password non cekliskan.
    membuat ftp server di filezilla
    Selanjutnya Pilih Shared Folders lanjut pilih add folder yang akan dijadikan Home folder di FTP Server anda. misal C:\FTP_netpus.
    membuat ftp server di filezilla
  • Untuk Memastikan FTP Server anda bekerja, silahkan buka browser lalu buka Ip Server FTP anda. Jika yang muncul adalah isi Folder FTP_netpus berarti berhasil.

membuat ftp server di filezilla

  • Untuk Menambahkan folder lain yang tidak terdapat di Home Folder tanpa perlu memindahkan Folder yang ingin anda Share. Silahkan Pilih add folder, dan tentukan dimana letak Folder. Kemudian set alias dengan mengarahkan ke alamat direktori Home. Misal C:\FTP_netpus\Gambar.
  • Jika Anda Ingin melakukan pembatasan hak akses pada FTP server. Silahkan Buka Speed Limits, lalu tentukan pembatasan Yang anda inginkan. Contohnya di Constant Speed Limit of : 3000 Kb/s, sehingga user FTP anda akan di beri Batasan untuk mendownload file dengan kecepatan konstan 3 MB/s.

BACA JUGA : AWAS!!! Ini Bahaya Memakai Laptop Di Atas Kasur

  • FTP Server anda sudah Berhasil.
  • Pastikan Anda menghidupkan firewall anda. Sehingga perlu ada penyettingan untuk pemberian akses ke FTP server pada Firewall. Untuk Mengaturnya silahkan buka Control Panel Pilih Windows Firewall. Pastikan firewall anda dalam keadaan On dan hilangkan ceklis pada Don’t Allow exeptions Pada Tab Exeptions. Lalu Add Program dan tambahkan C:\Program Files\FileZilla Server\FileZilla server.exe Selanjutnya jangan lupa untuk Add Port. Nama FTP dan Port Numbernya 21.
  • untuk memastikan settingan anda benar, silahkan coba buka FTP server anda melalui komputer lain yang terhubung dalam jaringan.

Dan anda telah berhasil install FTP Server mengunakan FileZilla di pc/laptop sobat.

Selamat mencoba, jika kurang jelas bisa ditanyakan di bawah lewat komentar

 

 

About netpus

Check Also

3 Browser Komputer Terbaik Cepat Dan Ringan Recommended

3 Browser komputer Terbaik Cepat dan Ringan Recommended

Bagi para pengguna internet Browser komputer terbaik adalah hal utama yang harus Mereka miliki. Dimana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *