Home > Blogging > Akses Hosting dan Domain, Mengapa Butuh Biaya?
Akses Hosting dan Domain Mengapa Butuh Biaya
Akses Hosting dan Domain Mengapa Butuh Biaya

Akses Hosting dan Domain, Mengapa Butuh Biaya?

Akses Hosting dan Domain, Mengapa Butuh Biaya? – Dulu.. Adalah hal lumrah saat Anda pertama kali berselancar di dunia internet dan bermain blogging secara gratis. Betapa senangnya Anda pada saat itu. Merasakan domain dan hosting gratis saja sudah membuat banyak orang mengenal tulisan anda.

Seiring waktu, ternyata kebutuhan blogger bertambah. Anda juga butuh eksistensi diri. Butuh juga brand untuk menaikkan makin tinggi blog anda. Termasuk berbagai fitur yang memungkinkan blog anda melesat terbang tinggi dengan kunjungan puluhan hingga ratusa ribu orang setiap hari.

Pada saat itulah anda mulai berfikir bagaimana caranya mendapatkan domain sendiri, menggunakan nama unik sendiri. Tidak ada nama tambahan macam blogspot atau wordpress (dua situ domain dan hosting gratisan paling popular).

Saatnya Akses Hosting dan Domain Berbayar

Nah, kini memang saatnya anda mulai membuat domain sendiri tanpa tambahan nama lain apapun. Anda dapat memuat nama anda secara utuh dengan langsung ekstensi .com atau ekstensi lain semacam .id. Selain untuk menaikkan brand blog anda tidak ubahnya seperti website, anda juga dapat mengelola secara mandiri dengan berbagai fitur pendukung.

Saatnya Akses Hosting dan Domain Berbayar
Saatnya Akses Hosting dan Domain Berbayar

Mengapa harus membeli domain sendiri, dengan akses hosting berbayar?

Memang sih anda dapat bertahan tempat tinggal yang serba gratis. Seperti saat anda menumpang di rumah saudara atau orangtua. Tapi itu berbeda jika kamu memutuskan untuk membeli rumah sendiri dan mengelolanya secara mandiri. Tidak bergantung secara penuh pada orang yang anda tumpangi.

Baca Juga : Cara Lengkap Menggunakan Google Search Console Untuk Website/Blog

1. Mandiri (Berdiri Sendiri)

Keberadaan hosting berbayar membuat nama usaha anda berdiri sendiri dengam sebuah  ekstenasi .com, .net, .org atau yang lainnya. Keberadaan nama tersebut secara psikis membantu Anda tampil lebih percaya diri untuk mengembangkan website. Dan pengunjung akan lebih mudah mengingat alamat website anda. Selain itu brand anda juga akan dikenal orang.

2. Fitur Hosting yang tidak terbatas 

Akses hosting berbayar memungkinkan anda mendapatkan berbagai fitur tambahan yang menarik menyesuaikan dengan kebutuhan situs anda . Terlebih bagi kamu yang berencana membangun website untuk kebutuhan bisnis. Baik itu melalui adsense, membuat toko online, menopang start-up, menjadi suplier, atau juga untuk kebutuhan profil usaha yang anda geluti.

3. Website Professional

Domain berbayar membuat website Anda lebih profesional. Pengakuan nama unik dan brand yang Anda kelola dari pengunjung memberikan kemudahan bagi Anda untuk ekspansi lain, baik itu pada sektor bisnis, sosial atau kepentingan kelompok yang anda kelola.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google Dengan Cepat

nama website profesional menjadi akar Anda diakui oleh pengunjung situs, memnugkinkan pengunjung nyaman dan percaya akan informasi yang Anda sampaikan melalui website atau blog.

4. Website atau Blog mudah di optimasi

Dengan domain berbayar Anda dapat membuat nama alamat website sendiri untuk lebih mudah membidik niche atau kata kunci tertentu. Banyak blogger sudah mempreaktekkan ini. Cara ini terbukti menjadi salah satu metode terbaik melakukan optimasi SEO.

5. Dukungan plugin SEO yang sangat bagus

Melalui hosting dan domain berbayar sudah pasti semakin banyak plugin SEO yang dapat Anda pilih. Perbedaan paling mencolok adalah dengan adanya meta seo, meta keyword, ataupun meta title pada setiap postingan. Terlebih dengan dukungan berbagai pugin dari pihak ke-3 yang dapat anda pilih sesuai dengan kenyamananmu. Ada banyak sekali pugin SEO berbayar dan gratis yang memungkinkan gerak website Anda semakin leluasa untuk dioptimasi.

6. Mempercepat Mendapatkan Penghasilan online

Untuk Kamu yang mulai menyukai dan menjadikan dunia blogging sebagai hobi, tentu tidaklah sulit bagi anda untuk menyisihkan keuangan dalam rangka membantu menaikkan trafik pengunjung. Apalagi keberadaan berbagai plugin SEO tersebut mempercepat kenversi pengunjung website anda menjadi uang. Baik itu karena membuat bisnis untuk menopang penjualan atau iklan.

7. Keamanan Data Website

Hosting berbayar berarti ada lokal tersewa dari server yang menjadi hak penyewa. Penyedia hosting tidak berhak untuk melakukan penghapusan, pengalihan, atau kegiatan lain yang mengganggu lokal server yang telah Anda sewa. Semua menjadi hak anda, dan biasanya mereka hanya memonitor bentuk file apa saja yang masuk ke server mereka. Ini bertujuan untuk mengantisipasi virus yang dapat menginfeksi file utama website anda bahkan 1 server bisa down jika virusnya berbahaya.

Prespektif ini menjamin keberadaan hosting situs anda dalam kondisi lebih stabil.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Paling Lengkap Dan Detail Untuk Pemula

8. Support Hosting dan Domain costumer service yang baik

Sudah pasti layanan berbayar menjadi pembeda dengan hosting gratisan. Anda dapat melakukan komplain langsung dengan customer servis yang disediakan oleh layanan penyedia jasa sewa hosting. Andapun berhak untuk bertanya secara langsung kepada customer terkait dengan fasilitas atau fitur tambahan dari hosting yang Anda sewa. Hal ini sangat membantu pada proses pengembangan website Anda.

Alasan di atas masih sebagian kecil dan mendasar tentang layanan yang didapat dengan hosting dan domain berbayar. Apalagi saat ini banyak penyedia jasa domain dan hosting berbayar yang menyediakan bonus berupa design web dan konsultasi gratis selamanya. Jadi sekali dayung anda dapat memiliki domain dan hosting sendiri sekaligus pilihan tampilan website yang sesuai dengan kebtuuhan.
Jadi, apakah mas/mba masih menyukai domain dan hosting yang gratisan? Bersiap-siaplah untuk sedikit tertinggal dengan kompetitor anda (bagi pebisnis). Atau bisa jadi pada moment tertentu hosting anda tiba-tiba tidak dapat diakses karena penyedia jasa hostingan secara gratis sudah menutup atau menghilangkan layanan hosting gratisnya.

About netpus

Check Also

Youtube Di Boikot

Perubahan Youtube Pasca di Boikot Beberapa Perusahaan

Perubahan Youtube – Bulan April kemarin, Youtube mengalami pemboikotan dari beberapa perusahaan besar yang kemudian membuat iklan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *